Rabu, 09 Maret 2011

Cara Melakukan SEFT

Di bawah ini saya sertakan Prosedure SEFT secara tertulis,
Prosedure SEFT
1. Tentukan masalah yang akan diterapi. Masalah ini harus jelas dan spesifik, bisa dibayangkan atau dirasakan langsung.
2. Ukur Skala awal dari masalah dengan kisaran angka 0 sampai 10
Angka 0 Berarti tidak ada gangguan (tidak terasa sakit sama sekali)
Angka 10 berarti gangguan sangat kuat atau masalahnya sangar berat
3. Melakukan Set Up
Ucapkan kalimat Set Up sesuai dengan masalah yang sedang anda hadapi (lihat contoh)
dengan penuh perasaan sebanyak tiga kali, sambil menekan dada di bagian sore spot, yaitu
di daerah di sekitar dada atas yang jika ditekan terasa agak sakit.
Contoh kalimat set up:
 Ya Allah.. Meskipun saya dihantui rasa bersalah, saya ikhlas, saya pasrah padaMu
sepenuhnya.
 Ya Allah.. Meskipun saya sakit hati karena telah dilecehkan, saya ikhlas, saya pasrah
padaMu sepenuhnya.
 Yaa Allah.. Meskipun saya marah dan kecewa karena diabaikan, saya ikhlas, saya
pasrah padaMu sepenuhnya.
 Ya Allah.. Meskipun saya menderita insomnia, saya ikhlas, saya pasrah padaMu
sepenuhnya
 Ya Allah.. Meskipun saya tidak berani berenang, saya ikhlas, saya pasrah pada-Mu
sepenuhnya.
 Ya Allah.. Meskipun saya terluka amat dalam karena suami/ istri saya berselingkuh,
saya ikhlas, saya pasrah padaMu sepenuhnya.
NB : Bila anda bergama lain anda bisa mengganti Ya Allah dengan Ya Tuhan..
4. Lakukan Tune In
Pikirkan dan bayangkan peristiwa spesifik yang membangkitkan emosi negatif yang ingin
dihilangkan sambil mengulang-ulang kata pengingat yang mewakili emosi negatif yang kita
rasakan. Kata pengingat terbaik, biasanya diambil dari kalimat yang kita pilih dalam set up,
misalnya :
 Rasa Bersalah ini
 Perasaan marah ini
 Kecanduan Rokok
 Rasa Takut Berenang
 Rasa Terluka
Cara Lain melakukan Tune In ialah sambil membayangkan peristiwanya atau merasakan
sakitnya, lalu kita mengganti kata pengingatnya dengan do’a khusyuk: saya ikhlas saya
pasrah padamu Yaa Allah/ Ya Tuhan..
5. Lakukan Tapping
Tapping adalah mengetuk ringan dengan dua ujung jari pada titik-titik tertentu di tubuh kita
sebanyak kurang lebih 7 kali ketukan, sambil terus melakukan Tune In (mengucapkan Do’a
Khusyuk “Saya Ikhlas, Saya Pasrah PadaMu Ya Allah” (didalam pikiran membayangkan
peristiwa yang membangkitkan emosi negatif))
Catatan :
 Pastikan anda cukup minum sebelum maupun sesudah mempraktikan teknik ini.
 Setelah langkah 1-5, akhiri dengan napas panjang dan hembuskan (saat
menghembuskan napas ucapkan kata Alhamdulillah.. (Islam)..Terimakasih
Tuhan..(Agama Lain)..).
 Rasakan kembali keluhan anda dan bandingkan dengan awal keluhan. Bila skalanya
telah berubah menjadi 0 berarti terapi selesai. Tapi bila keluhan berkurang tapi
belum mencapai angka 0 berarti anda harus mengulang kembali prosedur di atas.
 Jika anda mengulang kembali prosedur di atas, kita bisa memodifikasi kata yang kita
ucapkan dalam set up menjadi:
Ya Allah.. Meskipun saya masih (sebutkan masalahnya) saya tetap ikhlas dan
pasrah padamu sepenuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Sharing aja mengenai pembelajaran Kimia